Speed Reading For Beginners, Latihan Membaca Cepat Untuk Pemula

speed reading for beginners

Pernahkah suatu saat Njenengan merasa malas melanjutkan membaca ketika sampai di tengah buku? Mungkin karena bukunya terlalu tebal sehingga terasa lama untuk meng’khatamkan’nya. Atau mungkin Njenengan bisa menyelesaikannya, tapi butuh waktu lama dan sayangnya tidak semua informasi yang Nejenengan baca terserap oleh otak. Padahal teman Njenengan yang lain bisa merampungkannya jauh lebih cepat dan hebatnya lagi hampir semua informasi penting dari buku tersebut ia hapal di luar kepala.

Jika Njenengan pernah mengalaminya, mulai saat ini berarti Nejenengan harus meningkatkan kecepatan baca Njenengan. Yup, ini bukan lelucon. Alih-alih ingin agar bisa menikmati bacaan dan menyerap semua informasinya dengan membaca santai, Njenengan malah bisa mendapatkan semua keuntungan tersebut dengan membaca cepat.

Membaca cepat bukan hanya membaca dengan kilat untuk sekedar merampungkan ‘kewajiban’ membaca kita. Lebih dari itu membaca cepat atau istilah kerennya Speed Reading ini bisa membantu kita untuk memahami ide pokok bacaan hingga detail utamanya dengan cara yang efektif. Kita paham bahwa di zaman ledakan informasi dewasa ini banyak sekali informasi berseliweran di berbagai media. Berita baiknya kita semakin mudah untuk mencari topik yang kita inginkan. Berita buruknya dengan banyaknya informasi yang ada, susah bagi kita untuk memilih yang benar-benar penting untuk kita. Ditambah waktu kita semakin terbatas untuk membaca disela-sela kesibukan. Padahal kita ingin mengembangkan diri kita dengan membaca. Dari sinilah kita penting untuk menguasai teknik Speed Reading ini.

Selain dapat memilih informasi yang penting, dengan membaca cepat informasi yang ingin kita kuasai juga dapat dilakukan dengan lebih cepat. Karena kita fokus pada ide pokok bacaan yang penting, proses penyerapan informasi dapat masuk ke otak lebih cepat dan lebih terstruktur. Hasil akhirnya pemahaman kita akan isi bacaan akan jauh lebih meningkat.

Bagaimana sih caranya untuk memulai membaca cepat? Bagi Njenengan yang ingin belajar membaca cepat, Njenengan sedang berada di blog yang tepat.🙂 Saya rekomendasikan buku Speed Reading for Beginner ini untuk Njenengan baca. Tak hanya seluk beluk membaca cepat, Njenengan juga bisa langsung belajar mempraktekkan teknik-teknik ces pleng nan aplikatif di dalamnya. Diawali dengan bagaimana menghilangkan kebiasaan buruk membaca, seperti vokalisasi dan subvokaslisasi, hingga teknik dasar membaca cepat sampai teknik khusus membaca cepat untuk berbagai macam jenis bacaan.

Dengan bahasanya yang sederhana dan mudah dipahami, buku tulisan founder membacacepat.com ini memang sangat direkomendasikan untuk para pemula yang baru mengenal membaca cepat. Disertai dengan contoh-contoh singkat aplikasi tekniknya, buku ini bisa langsung Njenengan praktekkan sambil membaca teorinya. Terlebih, buku berformat ebook ini bisa diunduh secara gratis oleh siapapun, sehingga tak ada alasan lagi bagi Njenengan untuk tidak membacanya. Ilmu sangat bermanfaat, meningkatkan life skill, gratis pula. Siapa yang tidak mau? Monggoh, bisa Njenengan unduh di sini.🙂

NB: Resensi ini saya buat untuk mendukung kegiatan di gerakan Indonesia Membaca.

Judul Buku : Speed Reading For Beginers
Tebal Buku : 105 hlm
Penulis : Muhammad Noer
Link unduhan  : http://adf.ly/po9Vs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s