E-commerce

Tulisan ini sebenarnya hasil tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen yang saya ambil beberapa waktu yang lalu. Daripada tersimpan di Hardisk komputer tak berguna, lebih baik saya bagi-bagi ke njenengan semua. Semoga bisa digunakan untuk menambah pengetahuan dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam isinya. Kritik dan saran saya harapkan melalui boks komentar di bawah. Selamat membaca!

E-commerce merupakan kependekean dari Electronic Commerce, yaitu suatu teknologi yang memungkinkan di dalamnya dilakukan suatu kegiatan jual-beli suatu barang atau jasa melalui suatu sistem elektronik, misalnya Internet atau jaringan komputer yang lainnya. Penggunaan teknologi jual-beli melalui media elektronik yang biasa disingkat e-com ini tumbuh pesat saat sekarang ini, seiring dengan membuminya penggunaan Internet di seluruh dunia. Macam aktifitas di dunia maya yang menggunakan konsep e-commerce ini sangat banyak jumlahnya, misalnya transfer uang elektronik, Internet marketing, proses transaksi elektronik, pertukaran data elektronik (elektronik data interchange=EDI), dll. E-commerce biasanya menggunakan WWW dalam proses transaksinya, walaupun juga dapat menggunakan teknologi yang lain, seperti e-mail.

E-commerce, dengan dukungan teknis yang sangat hebat seperti sekarang ini tentunya mempunyai banyak sekali kelebihan dibanding sistem belanja konvensional. Bagi pihak konsumen, menggunakan E-Com dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat. Tidak ada lagi berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui E-Com biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional.

Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di Internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap. Selain itu, biasanya informasi tentang barang jualan tersedia secara lengkap, sehingga walaupun kita tidak membeli secara on-line, kita bisa mendapatkan banyak informasi penting yang diperlukan untuk memilih suatu produk yang akan dibeli.

Macam bentuk e-com dalam transaksi elektronik ada beberapa macam, yaitu business-to-business (B2B), business-to-consumer (B2C), business-to-government (B2G), consumer-to-consumer (C2C), government-to-business (G2B), government-to-citizen (G2C), dan consumer-to-business (C2B). Walaupun begitu, bentuk e-com tersebut sebenarnya merupakan bentuk lain/ variasi atau pengembangan dari dua bentuk e-com yang lazim dikenal, yaitu B2B dan B2C. e-com yang menghubungkan antarpelaku bisnis disebut business-to-business (B2B), sedangkan business-to-consumer (B2C) merupakan bentuk e-com yang menghubungkan pelaku bisnis dengan konsumen. Contoh perusahaan yang telah menerapkan B2C yaitu Amazon.com yang terkenal dengan koleksi buku-bukunya.

B2B adalah suatu istilah yang biasanya digunakan untuk menjelaskan transaksi bisnis diantara para pelaku bisnis, seperti hubungan antara perusahaan pembuat (manufacturer), perusahaan grosir (wholesaler), dan perusahaan pengecer (retailer). Dalam hal ini B2B dipakai dalam istilah e-commerce adalah suatu transaksi bisnis diantara para pelaku bisnis melalui media elektronik. Jumlah kegiatan transaksi bisnis B2B ini jauh lebih banyak dari transaksi model B2C. Ini disebabkan karena adanya kegiatan ‘pengadaan persedian (material) yang saling terkait’ atau dalam istilah teknisnya sering disebut Supply Chain. Kegiatan ini yang menyebabkan antara pelaku bisnis yang satu dengan yang lain terhubung (chained), karena dalam suatu pembuatan produk dibutuhkan bermacam-macam bahan mentah yang seringkali tidak dapat disediakan oleh satu pihak saja. Contohnya, suatu perusahaan pembuat mobil mengadakan beberapa transaksi B2B untuk penyediaan ban, kaca, logam, dll. Hasil akhir dari transaksi ini ialah suatu mobil yang siap untuk dijual ke konsumen. Transaksi ini disebut B2C. Dengan kata lain, B2C dapat diartikan sebagai transaksi lanjutan setelah transaksi B2C selesai atau suatu kegiatan bisnis yang melayani konsumen/ pengguna akhir (end consumers) dengan suatu barang dan/ atau jasa. Dengan demikian, jelaslah apa yang dimaksud B2B dan B2C secara umum. Yang membedakan di sini, ialah B2B dan B2C dalam e-com hanyalah melalui media yang menjadi perantara kegiatan transaksi tersebut. Dalam e-com kegiatan transaksi, tentu saja dilakukan lewat media elektronik. Dan hal itu jauh lebih menguntungkan dan memudahkan pelakunya dibandingkan dengan sistem konvensional.

Mekanisme E-Commerce

Pembeli yang hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan ‘shopping cart’ untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih dan akan dibayar. Konsep ‘shopping cart’ ini meniru kereta belanja yang biasanya digunakan orang untuk berbelanja di pasar swalayan. ‘Shopping cart’ biasanya berupa formulir dalam web, dan dibuat dengan kombinasi CGI, database, dan HTML. Barang-barang yang sudah dimasukkan ke shopping cart masih bisa di-cancel, jika pembeli berniat untuk membatalkan membeli barang tersebut.

Jika pembeli ingin membayar untuk barang yang telah dipilih, ia harus mengisi form transaksi. Biasanya form ini menanyakan identitas pembeli serta nomor kartu kredit. Karena informasi ini bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah, maka pihak penyedia jasa e-commerce telah mengusahakan agar pengiriman data-data tersebut berjalan secara aman, dengan menggunakan standar security tertentu.

Setelah pembeli mengadakan transaksi, retailer akan mengirimkan barang yang dipesan melalui jasa pos langsung ke rumah pembeli. Beberapa cybershop menyediakan fasilitas bagi pembeli untuk mengecek status barang yang telah dikirim melalui internet.

Disusun dari berbagai sumber:
www.wikipedia.com
http://www.sentralweb.com/script.php?halaman=berita&klik=lihat&artid=22

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s