Research Day-3

Penelitian hari ketiga ini karena waktu pagi saya tidak ada kuliah, jadi dari semalam saya niatkan untuk berangkat sepagi mungkin agar bisa selesai lebih cepat. Tidak terlalu sore seperti hari-hari yang kemarin. Ternyata dari dini hari hingga siang tadi langit Jogja dan sekitarnya terus-terusan menyampaikan amanah memberikan berkah dari Alloh kepada semua umat manusia di bumi Jogja dengan hujan. Yah, hujan deras tak berkesudahan membuat jalan-jalan Jogja basah menghapus kekeringan selama beberapa minggu kemarin, sederas dan sebasah gairah untuk kembali melanjutkan penelitian di PKU Bantul, walaupun kemarin semapat dikecewakan dengan perolehan responden yang lebih sedikit dari hari kemarin. Masih dengan tekad kuat dan semangat membara, mengalahkan dinginnya hawa hujan di pagi hari, saya terjanglah hujan ketika intensitas derasnya mulai menurun. Hasilnya? Saya basah kuyup di bagian kaki dari sepatu hingga lutut sesampainya di PKU Bantul. Lumayanlah, cuci sepatu gratis! Hehehe…


Dari hari kemarin telah saya catat jadwal dokter jaga untuk seminggu ke depan, terutama dokter IGD dan Umum, sehingga  semalam telah saya rancang strategi waktu untuk menemui para dokter-dokter yang sibuk itu. Sebenarnya ini tips penting untuk menemui para dokter pada umumnya, namun selalu terlupakan oleh saya: cermati jadwal praktek mereka dan buatlah perjanjian minimal sehari sebelumnya. Jika beruntung, njenengan bisa dapat dokter yang ramahnya minta ampun, bisa langsung wawancara di tempat, asal…memang Sang Dokter sedang tidak ada pasien. Jangan coba-coba nyelonong minta waktu mereka begitu saja saat pasien sedang ramai-ramainya, apalagi di IGD! Tidak memandang itu dokter yang ramah ataupun menyebalkan, pasti akan mendamprat njenengan yang kelewat sembrono. Percayalah! Saya hampir kena damprat dari seorang dokter IGD saat meminta izin untuk wawancara sebentar, padahal saat itu pasien sedang sepi, tidak lebih dari hitungan acungan jari damai “peace” (^.^v). Tak taulah, mungkin dokter tersebut sedang ada kesibukan lain. Tapi alhamdulillah saya bisa membuat janji dengan beliau untuk bertemu esok hari. Dalam hati lega, “Aman…tinggal lihat besok saja hasilnya!”


Singkat cerita, saya bisa mendapatkan kesempatan berbincang dengan dr. Barkah Djaka P, Sp. PD. yang pada kesempatan sebelumnya tertunda. Senang rasanya berbincang dengan beliau. Beliau salah satu dari daftar kebanyakan dokter di PKU Bantul yang ramah dan murah senyum.  Kekaguman saya yang lain juga karena luasnya wawasan beliau dan aura kharisma yang tinggi yang dipancarkan dari raut muka dan gesture tubuhnya. Beliau sebenarnya dokter ahli bedah, tetapi hari rabu ini menangani juga di poliklinik syaraf. Bisa terlihat kan luasnya khazanah ilmu beliau? Seorang dokter bedah, tetapi sempat menangani pasien syaraf (tapi apa ndak ada masalah ya? Hehehe…).


Pada hari ini saya mendapatkan dua responden. Responden terakhir saya pada hari ketiga ini adalah dr. Elvina Prisila, Sp. Rad. Sudah dapat ditebak kan? Beliau adalah dokter ahli radiologi. Sebenarnya beliau tidak masuk dalam target list saya pada hari ini, spontan saja saya menemuinya, karena memang saya tak mendapati jadwal beliau dalam lembaran jadwal dokter. Ternyata beliau sedang ada di tempat dan mau diwawancarai. Beliau kalau boleh nilai adalah pribadi yang pendiam, tetapi dibalik itu semua kemungkinan tersimpan segala bentuk ilmu pengetahuan di benak beliau yang belum tersampaikan. Satu yang saya merasa salut dengan beliau adalah kepatuhannya dalam memenuhi panggilan Illahiah. Ketika adzan dzuhur baru saja dikumandangkan, buru-buru beliau ijin di tengah wawancara untuk memenuhi panggilan Alloh tersebut. Subhanalloh…hati saya tergetar melihatnya.


Yap, demikian tadi pengalaman penelitian hari ketiga saya. Semoga esok lebih baik lagi. Insya Alloh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s