Research Day-1

Fiuuh…alhamdulillah sudah siap juga untuk penelitian! Sebenernya sih surat ijin penelitian sudah lama turun dari PKU Muhammadiyah Bantul per tanggal 1 Maret 2010, hanya saja karena bulan Maret kemarin bertepatan waktunya dengan prosesi ritual PKL (finally the last), akhirnya ya dengan kesibukan mengerjakan laporan PKL dan lokasi praktek yang jauh (Magelang bo…), membuat saya tidak bisa nyambi mikirin peneltian TA (alasan saja, sebenernya sih karena males dan memang panduan  wawancaranya belum jadi! Hehehe…).


Penelitian hari pertama, saya sampai di PKU agak siangan karena memang waktu pagi dipakai untuk kuliah. Sesampainya di PKU, saya terobosi saja lorong-lorong di sana untuk segera sampai di ruang Rekam Medis yang letaknya mojok di sebelah barat lantai pertama. Awalnya saya mash bingung, boleh dikatakan sedikit linglung, saya mau wawancara siapa dulu ya? Karena memang belum ada perencanaan dan target subjek wawancara sebelumnya dari Kos. Yah, memang, saya akui pertama kali yang sangat ingin saya wawancarai adalah Kepala Rekam Medisnya, yaitu Pak Udin dan beberapa staf yang ada di situ, namun beliau sedang tidak ada di tempat saat saya datang. Sedangkan untuk melakukan wawancara staf pelaporan yang ada di situ (Mba Fika dan Mba Yuni), mereka semua hanya mau setelah Pak Udin sudah diwawancarai. Apa boleh dikata, malang tak bisa ditebak, untung tak bisa diraih.


Menit demi menit saya lalui dengan kebimbangan dan kebingungan mencari subjek wawancara di ruang pelaporan RM, maka akhirnya sayapun bertekad untuk terus berusaha semampu yang saya bisa. Gema kata-kata “Hidup adalah Perbuatan”-nya Sutrisno Bachir (yang sudah lama tak terdengar) itu saling memantul  di ruang dalam hati saya. Saya putuskan, dengan mengucap basmalah dan dibekali tekad kuat serta kesabaran, saat itu saya harus mencari informasi lain yang dapat mendukung saya dalam mendapatkan subjek wawancara yang saya inginkan.


Daftar nama dokter tetap PKU sudah di tangan, saatnya mengecek jadwal dokter yang sesuai. Dengan ditemani Mbak Riska “Dora”, saya dibantu mengambilkan selebaran jadwal dokter. Ternyata jadwal yang diambil hanyalah untuk dokter spesialis saja, untuk dokter umum dan IGD, saya harus inisiatif tanya kesana-kemari. Akhirnya didapatkanlah nama dokter yang praktek di poliklinik umum untuk sore hari tadi, yaitu dr. Ari Eko.


Selain dokter, subjek penelitian saya yang lain (selain tentu saja bagian RM) adalah perawat. Untuk mempermudah urusan ke depannya dalam berhubungan dengan perawat, saya berinisiatif untuk menghubungi Kepala Perawat terlebih dahulu. Sebagai info, jumlah perawat tetap di PKU Bantul ada lebih dari 90 orang, jadi saya tetap harus membutuhkan Sang Kepala Perawat untuk menunjukkan siapa-siapa saja koordinator perawat tiap bangsal yang nantinya bisa saya wawancarai (karena tidak mungkin kan saya harus mewawancarai keseluruhan perawat tersebut?). Dari hasil bertanya pada staf-staf di RM, akhirnya saya tahu, ruangan Ibu Triana, Sang Kepala Perawat, ada di ruang ISO, di sebelah timur ruang Bina Ruhani. Ternyata memang saya harus berhadapan dengan nasib, niat hati langsung bisa wawancara dengan beliau, harus tertunda sampai esok hari karena kondisi beliau yang tidak memungkinkan untuk diwawancarai. Tapi tak apa, setidaknya saya telah kenal dengan beliau dan mengetahui beberapa hal tentang bagian Keperawatan.
Di bagian RM sendiri karena belum bisa mendapatkan subjek yang mempunyai giliran shift pagi, yah, setidaknya ada shift sore. Dan alhamdulillah pada shift sore memang ada dua orang karyawan tetap RM yang sedang jaga, yaitu Pak Fahmi dan Ibu Rumanti.


Wawancara berlangsung dengan luwes, komunikasi yang saya jalin dengan responden juga hampir lancar, walaupun masih ada beberapa pernyataan dan pertanyaan saya yang kurang dimengerti responden, serta puji syukur tidak ada kendala  yang berarti. Akhirnya, dari yang tadinya hampir tak ada harapan untuk wawancara pada hari pertama, ternyata bisa juga mendapatkan tiga responden dengan tanpa perencanaan sebelumnya, dan saking semangatnya, saya baru keluar dari PKU setelah pukul 17.00! Hahay…alhamdulillah… Hope tommorrow will be better!😉

Leave a Reply

